PEMERINTAH KOTA SAMARINDA

Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak

Jl. Milono, No. 1, 75122, Bugis, Samarinda Kota, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 76112

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

Webmail    Kontak Kami    E-Panel

Launching Aplikasi SIPPEKA

Berita Lokal    1 tahun yang lalu   
Administrator    230 Kali

Sumber Foto: internal

Senin, 4 Februari 2019 bertepatan dengan pembukaan Pekan Raya Samarinda (PRS). Dinas Pemerdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2PA) Kota Samarinda, meluncurkan aplikasi terbaru yaitu Sistem Informasi Pelaporan dan Pencatatan Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak (SIPPEKA).

Aplikasi SIPPEKA ini dibuat dengan tujuan memudahkan masyarakat untuk melaporkan tindak kekerasan terhadap Perempuan dan Anak, baik sebagai Korban atau Pelapor.

Aplikasi SIPPEKA memiliki keunggulan, diantaranya Pertama, Kecepatan dan ketepatan dalam Pelaporan sebuah kasus dimana syarat untuk membuat akun dalam aplikasi ini adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai warga Kota Samarinda. Kedua, kemudahan. Masyarakat cukup mendowload aplikasi SIPPEKA melalui Playstore dari smartphone Android miliknya. Ketiga, Aplikasi SIPPEKA membutuhkan ruang penyimpanan yang sangat ringan (sekitar 16.5 MB). Keempat, Notifikasi/Pemberitahuan status Pelaporan.

Jenis laporan yang dapat dilaporkan mencakup kekerasan fisik seperti KDRT, psikis seperti bullying, Penelantaran terhadap Anak, dll.

Kepala DP2PA Samarinda, Hj.Nurul Mu’Minayati, MM mengatakan selama ini warga enggan atau takut apabila melaporkan kejadian kekerasan yang mereka lihat, sebagian lainnya bingung ketika hendak melaporkan kejadian kekerasan yang menimpa. Karenanya, melalui aplikasi SIPPEKA warga yang melapor terjamin keamanannya.


TINGGALKAN KOMENTAR

Pemerintah Kota Samarinda
Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak


Jl. Milono, No. 1, 75122, Bugis, Samarinda Kota, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 76112

Telp: 0541 - 203785
Email: dp2pa@samarindakota.go.id
https://dp2pa.samarindakota.go.id