PEMERINTAH KOTA SAMARINDA

Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak

Jl. Milono, No. 1, 75122, Bugis, Samarinda Kota, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 76112

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

Webmail    Kontak Kami    E-Panel

“PENYULUHAN DETEKSI DINI KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT)” UNIVERSITAS MULAWARMAN

Berita    4 bulan yang lalu   
Administrator    262 Kali

Sumber Foto: internal

Kel. Karang Anyar, 28 Juli 2022.

Mahasiswa Universitas Mulawarman melaksanakan kegiatan PKM PM yang ketiga yaitu Penyuluhan Deteksi Dini. Adapun tujuan dari kegiatan penyuluhan deteksi dini ini yaitu, peserta penyuluhan mampu menjelaskan pengertian dan ciri-ciri KDRT baik yang dibaca atau didengarkan, mampu mengidentifikasi tanda adanya tindak KDRT dan faktor penyebab KDRT serta mampu mengantisipasi kekerasan yang akan terjadi setelah menikah agar dapat memahami hidup dalam rumah tangga yang aman dan damai.

Penyuluhan Deteksi Dini KDRT ini dimulai pada pukul 10.00 Wita. Kegiatan ini diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan mars PKK dan dilanjutkan dengan sedikit kata sambutan dari ibu Siti Sholekah sebagai perwakilan dari ibu PKK Kelurahan Karang Anyar.  Materi yang dibawakan oleh narasumber pada kegiatan ini yaitu pengertian, ciri-ciri, dan deteksi dini Tindakan Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) serta faktor penyebab dan upaya penanganannya.

Setelah narasumber selesai menyampaikan seluruh materi, maka terdapat sesi tanya jawab dari beberapa peserta kegiatan. Selanjutnya, mahasiswa Universitas Mulawarman akan melakukan evaluasi kegiatan melalui studi kasus. Peserta akan dihadapkan dengan suatu permasalahan dengan topik yang terkait dengan deteksi dini KDRT, dari permasalahan tersebut terdapat beberapa pertanyaan yang harus di jawab oleh peserta dan dijawab di kertas yang telah dibagi oleh mahasiswa Unmul. Hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman para peserta setelah menyimak materi yang telah disampaikan oleh narasumber. Adapun sedikit hadiah bagi ibu-ibu PKK yang berani berdiri di tempat dan membacakan hasil jawabannya.

Diakhir kegiatan terdapat sepatah kata mengenai keberlangsungan kegiatan TIM PKM PM Universitas Mulawarman dari awal hingga menuju akhir kegiatan dari ketua PKK Kelurahan Karang Anyar yaitu Ibu Fransiska yang juga sebagai Ibu Lurah. Setelah itu, terdapat sesi foto yang wajib dilakukan sebagai dokumentasi kegiatan.


TINGGALKAN KOMENTAR

Pemerintah Kota Samarinda
Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak


Jl. Milono, No. 1, 75122, Bugis, Samarinda Kota, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 76112

Telp: 0541 - 203785
Email: dp2pa@samarindakota.go.id
https://dp2pa.samarindakota.go.id