PEMERINTAH KOTA SAMARINDA

Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak

Jl. Milono, No. 1, 75122, Bugis, Samarinda Kota, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 76112

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

Webmail    Kontak Kami    E-Panel

PKM PM “PENDIDIKAN KADER KELURAHAN PERCONTOHAN BEBAS KDRT ” UNIVERSITAS MULAWARMAN

Berita    3 bulan yang lalu   
Administrator    1332 Kali

Sumber Foto: internal

Kel. Karang Anyar, 9 Agustus 20222.

Mahasiswa Universitas Mulawarman telah melaksanakan kegiatan PKM PM yang keempat atau yang terakhir yaitu Pendidikan Kader Kelurahan Percontohan Bebas KDRT. Adapun yang menjadi tujuannya yaitu, peserta mampu mengidentifikasi pengertian kader dan pengkaderan, mampu menjelaskan peran kader, mampu memaparkan cara berkomunikasi yang baik, serta mampu mengimplementasikan bagimana menjadi kader yang baik.

   Kegiatan Pendidikan Kader ini dihadiri oleh Bapak dan Ibu Lurah Karang Anyar serta beberapa perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2PA) Kota Samarinda yaitu Ibu Awe sebagai Kepala Bidang Kualitas Hidup Perempuan, juga Bapak Nanang, Ibu Rahayu dan Ibu Meri. Kegiatan ini di mulai pada pukul 14.00 Wita di awali dengan pembacaan doa, kata sambutan dari Ibu Fransiska selaku Ketua PKK Kelurahan Karang Anyar, Lurah Karang Anyar, Bapak Nanang serta Ibu Awe dari DP2PA Kota Samarinda. Selanjutnya, penyampaian materi yang berisikan Pengertian Kader dan Pengkaderan, Peran Kader, Cara Berkomunikasi yang Baik serta Menjadi Kader yang Baik.

Setelah sesi penyampaian materi, maka akan ada evaluasi kegiatan yang dilakukakan oleh tim PKM PM Unmul yaitu peserta mempraktekkan menjelaskan salah satu materi penyuluhan yang sebelumnya (Pendidikan Keluarga Harmonis, Hukum KDRT, Deteksi Dini KDRT). Tidak lupa untuk memberikan bingkisan sederhana bagi salah satu peserta yang berani untuk tampil seolah-olah menjadi narasumber. Dengan demikian peserta tersebut telah mengaplikasikan materi Pendidikan kader dengan baik. Hal ini dikarenakan, Ibu PKK Kelurahan Karang Anyar dapat meneruskan materi-materi yang telah disampaikan dari kegiatan pertam hingga kegiatan yang terakhir kepada kelompok Dasawisma yang ada di Kelurahan Karang Anyar. Hal tersebut sebagai bentuk pencegahan KDRT berbasis komunitas sebagai percontohan Kelurahan bebas KDRT yang berkelanjutan di Kelurahan Karang Anyar.

Diakhir kegiatan, mahasiswa Universitas Mulawarman mengajak seluruh peserta yang hadir dan beberapa perwakilan dari DP2PA kota Samarinda untuk tanda tangan di spanduk yang telah tersedia sebagai bentuk kenang-kenangan bahwa Tim PKM PM Universitas Mulawarman telah melaksanakan kegiatan dan juga sebagai penutupan kegiatan PKM PM Universitas Mulawarman. Tidak hanya itu, foto Bersama juga wajib dilakukan sebagai bentuk dokumentasi kegiatan.


TINGGALKAN KOMENTAR

Pemerintah Kota Samarinda
Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak


Jl. Milono, No. 1, 75122, Bugis, Samarinda Kota, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 76112

Telp: 0541 - 203785
Email: dp2pa@samarindakota.go.id
https://dp2pa.samarindakota.go.id