PEMERINTAH KOTA SAMARINDA

Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak

Jl. Milono, No. 1, 75122, Bugis, Samarinda Kota, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 76112

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

Webmail    Kontak Kami    E-Panel

Penggunaan Aplikasi SIPPEKA

Siaran Pers    2 tahun yang lalu   
Administrator    40 Kali

Sumber Foto: internal

Aplikasi Sistem Informasi Pencatatan dan Pelaporan Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak (SIPPEKA)  secara resmi digunakan sejak Senin, 4 Februari 2019.

Aplikasi yang digagas oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2PA) ini diharapkan dapat memberi manfaat / output dari beberapa segi, diantaranya:

Pertama, kemudahan bagi pelapor suatu tindakan kekerasan terhadap Perempuan dan Anak apakah sebagai Korban kekerasan itu sendiri atau orang lain yang membantu melaporkan suatu tindakan kekerasan melalui sebuah Aplikasi mobile berbasis Android yang dapat diunggah secara gratis di Play Store (Android) dengan tampilan yang mudah dimengerti dan hanya membutuhkan NIK sebagai syarat untuk login.

Kedua, kemudahan bagi Aktivis PATBM (Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat) yang ada di level Kelurahan dan Kecamatan untuk memberikan layanan standar yang cepat dalam melaporkan setiap tindakan kekerasan baik yang dilaporkan secara langsung oleh korban dan keluarganya, atau suatu tindakan kekerasan yang terpantau oleh aktivis dan laporan dari sumber yang dapat dipercaya untuk kemudian diteruskan secara langsung melalui Aplikasi kepada Admin DP2PA.

Ketiga, memberi informasi penting bagi pihak terkait. Dalam hal ini UPT PPA dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam menentukan langkah penanganan melalui koordinasi kepada pihak-pihak berwenang sesuai prosedur. Juga memberi masukan berharga dalam melakukan tindakan preventive suatu tidak kekerasan yang dominan terjadi di

masyarakat secara khusus serta tindakan kekerasan lainnya secara umum melalui review atau laporan singkat hasil laporan yang masuk melalui Aplikasi SIPPEKA.

Keempat, menunjang perwujudan basis data yang akurat, rapi, serta aktual terkait tindak kekerasan yang terjadi di Kota Samarinda

Aplikasi Ini dapat diakses oleh semua warga Kota Samarinda dengan mendownload melalui Playstore menggunakan perangkat Android.

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Pemerintah Kota Samarinda
Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak


Jl. Milono, No. 1, 75122, Bugis, Samarinda Kota, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 76112

Telp: 0541 - 203785
Email: dp2pa@samarindakota.go.id
https://dp2pa.samarindakota.go.id